Uncategorized
Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

Semarang — Program Magister (S2) Pendidikan Agama Islam berhasil akreditasi unggul dari LAMDIK. Hasil itu tertuang dalam Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor 111/SK/LAMDIK/Ak/M/I/2023 dengan nilai 385. LAMDIK adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan yang memiliki tugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi (PS) pada Bidang Kependidikan di Indonesia.

Prosesi AL Daring bersama Prof. Dr. Sangkot Sirait, M. A & Dr. Eko Ariwidodo, M. Phil

Assesmen Lapangan S2 Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo telah terlaksana pada 12-13 Desember 2022 oleh Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.A. dan Dr. Eko Ariwidodo, M. Phil.

Ketua Prodi S2 Pendidikan Agama Islam Dr. Ikhrom, M. Ag., menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja.

Alhamdulillah atas pencapaian ini. Terima kasih kepada segenap pimpinan universitas, pimpinan  Fakultas Tarbiyah, Tim UPPS, Tim IT AL S2 PAI, dosen prodi dan anak-anakku mahasiswa tim task force prodi,” kata Dr. Ikhrom Kamis (05/01/2022).

“Atas kerja sama kita semua akreditasi unggul dapat diraih prodi S2 PAI. Semoga upaya yang telah kita lakukan berkah dan manfaat,” sambung Dr. Ikhrom, M. Ag.

Senada dengan pernyataan tersebut, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah menyampaikan selamat atas pencapaian akreditasi unggul ini. Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag. menyampaikan terima kasih atas kerja-kerja Tim Taskforce prodi dan tim UPPS.

“Alhamdulillah prodi S2 Pendidikan Agama Islam terakreditasi unggul. Terima kasih atas support, kerja keras, kerja cerdas, kerja sama dan doa semua pihak,” kata Dr. Mahfud Junaedi M. Ag.

Sekretaris Prodi S2 PAI, Dr. Agus Sutiyono, M. Ag. M. Pd., mengatakan, proses akreditasi PS sekarang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) yang notabene independen dari segi penilaian.

Ia juga mengingatkan kata-kata slogan, mempertahankan jauh lebih berat daripada merebut.

“Begitulah analogi bagaimana tim “taskforce” re-akreditasi Program Studi S-2 PAI bekerja tiada henti demi mempertahankan akreditasi A dari BAN PT Kemendikbudristek menjadi Unggul” kata Dr. Agus Sutiyono, M. Ag. M. Pd.

Alhasil, semua pihak yang turut terlibat, mulai dari pengelola FITK UIN Walisongo, Prodi, mahasiswa, dosen, dan alumni, serta stakeholder kini menikmati buah perjuangan itu dengan diraihnya akreditasi Unggul.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Walisongo Semarang mengatakan, akreditasi unggul merupakan akreditasi terbaik yang disematkan kepada prodi yang sangat baik dari aspek pengelolaan prodi.

“Saya sebagai bagian dari pengelola UPPS, tentu sangat senang mendengar kabar hasil raihan akreditasi prodi,” kata Dr. Ahmad Ismail, M. Ag., M. Hum.

Dr. Ahmad Ismail mengungkapkan, sangat paham bagaimana usaha untuk meraih akreditasi Unggul yang sangat diidamkan oleh lembaga pendidikan tinggi.

Ia berharap semoga capaian akreditasi unggul ini akan semakin meningkatkan kredibilitas dan eksistensi prodi dalam meningkatkan mutu lulusan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.