Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Prodi S2 PAI Adakan Kolaborasi PkM Internasional

Program Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Walisongo Semarang lakukan pengabdian kepada masyarakat dengan skema Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Kolaborasi Internasional. Dalam kegiatan ini Program Magister PAI menggandeng Syaikh Athif Udh ‘Romadhon dari Al-Azhar University Mesir. Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat   dilakukan di MA Nurul Huda Mangkang dan MA Darul Ulum Beringin. Kegiatan yang diadakan berupa penggunaan bahasa Arab dalam pembelajaran rumpun mapel PAI.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menekankan bahwa bahasa Arab sangat memiliki peran penting dalam membantu siswa memahami dan menghayati konten-konten utama dalam pembelajaran rumpun PAI. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang di gunakan pada ayat suci Al-Qur’an dan juga bahasa yang tidak bisa dipisakan oleh umat muslim.

Pada Zaman saat ini, Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa internasional. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa Arab dapat dimulai sejak dini dengan menjadikan Bahasa arab sebagai materi pelajaran di Madrasah Aliyah. Pengabdian menggunakan metode demontrasi dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada mitra suatu proses pembelajaran PAI berbahasa Arab dengan menggunakan media.

“Saya sangat terkesan dengan antusiasme MA Nurul Huda dan MA Darul Ulum untuk mengikuti pembelajaran PAI Berbahasa Arab bersama dengan tim pengabdi. Saya rasa program ini mempunyai potensi yang cukup baik, Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini bisa diimbangi dengan fasilitas yang memadai,” ungkap Dr. Ikhrom, M. Ag.

Leave a Reply

Your email address will not be published.